galau · journal

pengen pulang tanpa beban

lebaran 2008 adalah terakhir saya pulang ke bandung. berarti sudah hampir 8 bulan ya? dan saya akan pulang lagi besok. tapi rasanya kok beda, ya? seperti sambil menyeret karung pasir isi penuh (lebay mode: ON)

saya sudah berhenti homesick sejak Esha lahir. mungkin karena saya merasa semua dunia saya kemudian berpindah ke tubuh mungilnya dan apa yang saya perlu ada di dirinya. jadi semua resah, gelisah, dan gundah gulana akan pulang yang dulu menyerang saya selama masa kehamilan di surabaya musnah sudah. video call dan telepon atau sms dari ibu sudah cukup menenangkan buat saya. as long as there’s Esha by my side, i’ll be just perfectly fine. mungkin itu juga yang jadi masalah buat suami saya.

sejak ada Esha, jarak makin jadi masalah. saya jadi serba salah. lucky me, being a mom, tidak harus jauh dari Esha. duapuluhempat jam selalu bersama. tapi kalau pulang ke bandung – yang berarti meninggalkan si ayah sendirian di surabaya – saya lah yang ketiban pulung. gak enak. kesannya saya jadi begitu kejam membiarkan suami saya jauh dari anaknya dan kemudian bikin dia tidak bergairah diserang rindu pada Esha. apalagi pulang yang kali ini, waktu si menthik sudah berubah jadi gadis kecil yang selalu menyambut ayahnya dengan “ayah! ayah!” sepulang kerja sambil berlarian dan menebar peluk, dan jadi perfect date di saat weekend dan aroma pelipur lara di malam hari dan waktu bangun tidur.

yeah. go on and blame me for kidnapping my own daughter.

mungkin yang saya butuhkan cuma: “have fun with Esha di bandung ya, cay.” dan saya akan mementahkan sugesti bahwa saya kejam dan bisa menikmati ‘liburan’ ini.

please don’t give me that look when we’re getting apart.

Leave a Reply

