band · jazz · music

Orange Pekoe

di dunia daun teh, orange pekoe adalah istilah untuk mengkategorikan teh hitam yang berasal dari India, Sri Lanka, dan negara2 selain Cina dan Taiwan. jadi istilah ini tidak umum untuk negara yang bahasa sehari-harinya adalah bahasa Cina. tapi… di Jepang mungkin populer. hehehe. yes i’m talking about the band, not the tea. soalnya belum pernah minum teh grade orange pekoe jadi belum bisa ngasih pendapat. ahay.

Orange Pekoe (オレンジ・ペコー, Orenji Pekō) adalah duet musisi Jepang; Kazuma Fujimoto (yang memainkan gitar, membuat komposisi, aransemen dan programming) dan Tomoko Nagashima (vocal dan penulis lirik), yang terbentuk tahun 1998 dan mengeluarkan mini-album (self-titled)pertamanya, di bawah label independen, pada April 2001. – saya sendiri lupa kapan pertama kali denger lagu mereka sekaligus liat video klipnya di Mtv. tapi sepertinya sudah lama sekali. saya ingat aroma swing dan warna-warna pastel yang lucu waktu itu. – sesudah nama mereka mulai dikenal di radio-radio lokal di Osaka dan Kobe, BMG Jepang pun merangkul mereka dan merilis single pertamanya, Happy Valley, tepat setahun setelah mini-album mereka; April 2002 dan bulan berikutnya album pertama mereka dibawah BMG pun keluar, Organic Plastic Music.

Meskipun komposisi hasil karya Fujimoto sangat kental rasa Jazz-nya, tapi mereka sebenarnya terpengaruh banyak musisi seperti the Beatles, Stevie Wonder dan Milton Nascimento dan juga meracik akustik dari bossa nova dan samba. Jenis suara Nagashima yang alto menciptakan atmosfir feminin dan santai (dan juara banget, menurut saya. sangat cozy!) lirik-lirik ciptaannya selalu bersemangat dan tentang hal-hal indah. Uplifting!

Orange Pekoe
Orange Pekoe

Belum berhasil dapet semua album-nya, tapi dari semua yang sudah saya dengar (album Organic Plastic Music, Crystalismo, dan Wild Flowers) semuanya jadi favorit saya🙂 Menyenangkan, menenangkan, dan bikin hari-hari paling mendung dan murung pun jadi secerah langit biru. Ahhhh… bahkan menulis kalimat tadi saja sudah membuat saya tersenyum lebar.

motto motto Orange Pekoe ga tottemo daisuki! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s