book

Tunnels, The Book

tadi pagi waktu baca-baca Jawa Pos dapet review buku Freefall tulisannya Roderick Gordon dan Brian Williams. lima anggota book club yang dapet bagian buat baca (for free! huaaa!) rata-rata ngasih empat bintang dari lima. bahkan ada yang bilang serial ini akan jadi “the next Harry Potter”. widih… jadi aja penasaran. cover-nya pun bagus. maka, cari-cari info deh di Amazon. kalo book club udah kasih rekomendasi, ya berarti bukunya gampang dicari. hehehe. gak mesti ke Amazon :p

ada website resmi-nya. homepage-nya pake flash dan tiba2 waktu udah load penuh terdengar lolongan srigala. hiii. nuansa aneh dari halaman2 lainnya juga jelas banget. gelap horor gitu. let’s talk about the books, then.

Seperti beberapa penulis lain, duet Gordon dan Williams juga menulis tiga buku yang kemudian dijadikan serial; The Tunnels series yang masuk ke genre fantasi, fiksi ilmiah, subterranean fiction, dan lost world. Buku pertama, Tunnels, terbit tahun 2007. Disambung Deeper (2008) dan Freefall (2009). Katanya tahun ini akan terbit buku keempatnya; Closer. Sayangnya, website resminya tidak banyak memuat informasi tentang masing-masing buku, hanya pujian-pujian untuk Tunnels 1 dan beberapa video tentang buku pertama (mungkin memang sengaja dibuat seperti itu, mengingat betapa misteriusnya serial ini). Jadi, sneak peek-nya lebih banyak saya dapat dari website lain, dan salah satunya -tentunya- Wikipedia. The books are indeed special! (saya ngetik sambil ngiler…)

Tunnels (atau juga disebut Tunnels 1) aslinya diberi judul The Highfield Mole. waktu itu bulan Maret tahun 2005, Gordon dan Williams menerbitkannya secara independen dibawah Mathew & Son Limited. Dua ribu paperback dan lima ratus hardback disebar. Dari 500 edisi hardback itu, ada 80 yang istimewa karena mencantumkan tulisan tangan Gordon dan gambar hasil karya Williams. Setelah review-nya muncul di The Book and Magazine Collector, dalam waktu satu hari saja seluruh edisi hardback terjual habis dan sampai sekarang masih menjadi buruan para kolektor. Kemudian pada bulan November tahun 2005, Gordon dan Williams dikontrak penerbit Chicken House dan buku mereka di-edit lebih jauh sebelum akhirnya pada 2007 diterbitkan dengan judul Tunnels.  Meskipun tidak ada perubahan besar dari The Highfield Mole ke Tunnels, tapi ada tambahan dan -sayangnya- beberapa ilustrasi buatan Williams harus dihilangkan dengan pertimbangan jumlah halaman (ini yang kemudian ditawarkan website resmi Tunnels untuk diburu, “Discover and collect the lost pages”, kata mereka).

Serial The Tunnels adalah cerita petualangan yang panjang. Dalam versi bahasa Inggris, Tunnels tebalnya 464 halaman, Deeper 643 halaman, dan Freefall memuat 575 halaman. Berkisah tentang perjalanan Will Burrow, seorang anak laki-laki berusia 14 tahun, mencari ayahnya – Dr. Burrow, seorang arkeolog yang bekerja sebagai kurator di sebuah museum di Highfield, London – yang tiba-tiba menghilang setelah terakhir terlihat masuk ke ruang bawah tanah. Kemanakah beliau? Siapakan orang-orang aneh berkacamata hitam yang berkumpul di suatu rumah tempat ditemukannya beberapa orbs misterius? Dan kemana lorong di ruang bawah tanah rumah keluarga Burrow akan membawa Will?

hati saya sudah berdebar-debar membaca review-nya. apalagi diiringi lolongan srigala dan peringatan-peringatan bahwa serial ini menegangkan dan menakutkan. gak sabar pengen cepet-cepet baca bukunya! kalo ada yang udah baca duluan, share pendapatnya yaa🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s