handmade · journal

Kalocsa Embroidery

Kalocsa adalah sebuah kota di daerah Bács-Kiskun, Hongaria, 88 mil dari Budapest. Di kota inilah seni sulam khas Hongaria lahir pada pertengahan abad ke-19. Pada awalnya kerajinan ini hanya menggunakan warna putih dan desain-nya berupa lubang-lubang, namun seiring berjalannya waktu “lubang-lubang” ini kemudian diisi benang.

Kekuatan sulam Kalocsa terletak pada gambar desainnya yang mengambil unsur alam dan selalu berbentuk bunga. Hingga akhirnya dari generasi ke generasi keterampilan menggambar desain sulam Kalocsa menjadi keahlian yang populer. Warna-warna kain dan benang yang digunakan berkembang dari gelap ke terang dan diaplikasikan pada taplak, apron, saputangan, handuk, mantel, blus, kemeja, seprai, dan banyak lagi. Namun sulam klasik masih berwarna putih dan menggunakan desain lubang.

Nah, sulam khas Hongaria inilah yang sekarang mencuri hati saya. Sejak hari Minggu kemarin saya tidak lepas dari peralatan sulam tiap anak saya tidur siang dan sebentar sebelum tidur malam. Asyik, seperti mewarnai dengan benang. Meskipun kadang-kadang ketemu pola yang kweciiil, tapi bikinnya seneng aja. Capek hilang, pegel amblas. Huehehehe… Yaaa masih acakadut alias berantakan sih hasilnya, namanya juga pemula :p Tapi, tentunya, practice makes perfect. Apalagi kalo liat galeri penyulam profesional. Beuuuhhh… pengen bisa kaya gitu. Sulamannya halus banget, kaya pake mesin. Kali aja nanti kesampean bisa main-main ke Kalocsa dan liat wujud aslinya si harta karun ini. Hehe.

Oke deh, beresin taplak dulu, ah… hehehe…

Lebih banyak tentang Kalocsa Embroidery bisa dilihat disini : http://www.kalocsa-embroidery.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s