music · review

Ray Guns Are Not Just The Future (2009)

Ini adalah album ke-2 dari The Bird And The Bee setelah sebelumnya merilis self-titled album di tahun 2007. Saya sendiri belum mendengarkan album pertama mereka. Alasan saya langsung mengejar Ray Guns adalah karena Polite Dance Song sudah mencuri hati saya dan lagu ini ada di album Ray Guns, maka disitulah saya berputar-putar hampir seminggu belakangan ini.

Ray Guns - the cover

Tanpa mengecilkan semua band-band favorit saya dari jaman dahulu kala, saya harus bilang bahwa The Bird And The Bee adalah duo yang sangat lengkap dan album Ray Guns adalah paket yang merangkum begitu banyak jenis lagu dari band-band yang sering saya dengarkan. Jadi, mendengarkan album ini sudah serasa mengakrabi begitu banyak genre musik. Aliran duo Inara George dan Greg Kurstin ini sejatinya adalah indie/synthpop/alternative, tapi melihat catatan kerjasama Greg dengan begitu banyak musisi (termasuk Flaming Lips, Beck, Lily Allen, RHCP, dan Kylie Minogue) wajarlah kalau dia dan Inara kemudian melahirkan begitu banyak musik yang bersilangan dengan indah. Vokal Inara pun sangat fleksibel dan mood-nya selalu berubah di tiap lagu. Bahkan kadang-kadang, buat saya, dia tidak seperti orang yang sama di beberapa lagu. Syair-syair lagunya pun tidak biasa dan bahkan dalam.

Personally, saya ketagihan Polite Dance Song karena intro-nya yang full beat, scratchy, dan melodic. Di lagu ini Inara bernyanyi begitu dingin tapi membuat saya ingin ikut berdendang. Saya juga sempat melihat video-nya, dan sangat sangat suka konsepnya. Ahahaha. It’s a beau-TI-ful song! Lagu Witch mengajak saya merasakan suasana James Bond. Ehehehehe. Lalu kemuraman mencekam di lagu Lifespan Of A Fly. Ah, pokoknya saya cinta duo ini (jangan samakan dengan perasaan saya untuk Orange Pekoe, karena mereka bermain di lapangan yang berbeda😀 )

Ini lirik favorit saya, untuk alasan pribadi yang semua orang, sepertinya, juga pernah alami🙂

Love Letter To Japan

From the west to the east I have flown to be near you
I have come all this way to be close, to be here with you
And now, all my heart I will lay down precisely at your feet

My beloved, oh my sweet
All the gifts you have given me
The patience and the peace,
Cherry blossoms and the candy,
I am yours, I am yours
For as long, as long as you will have me

Dearest one, I had a dream
I mouthed the words,
The sound came out,
I spoke to you in Japanese
Oh, my love I cannot see, I heard your name
I know at once there was no place I’d rather be
All at once there was no place that I would rather be

I packed my bag, I’m on my way
I am prepared for any season
I am prepared to stay
Here is my beating heart, my beating heart
Oh, how I’m longing for this love affair to start
How I’m longing for this love affair to finally start

2 thoughts on “Ray Guns Are Not Just The Future (2009)

Leave a Reply

