photography

30DPC – Day 3: Dynamic Tension

Baru pertama kali juga tau ada istilah kayak gini di fotografi (timana wungkul?) Mata kita terbiasa dengan sesuatu yang seimbang dan terpusat. Dynamic tension adalah cara untuk membuat perhatian ditarik ke arah luar frame. Contoh sederhananya; garis-garis yang saling berlawanan, cabang pohon yang menyebar, swirl yang membesar… semacam itu. Mungkin makro kelopak bunga matahari juga bisa menimbulkan tension ini (jadi terpikir Fibonacci…)

Ini versi saya:

Ini tangga di samping rumah. Gak yakin juga apa ini bikin orang yang liat terpancing untuk liat seluruh garis sampai ke ujung-ujungnya atau malah tertumbuk ke garis lurus di tengah itu. Contoh bagus lainnya yang bisa dicoba; menempatkan dua model di dua sisi frame, bergandengan tangan tapi saling menarik ke arah yang berbeda. Would be nice to try, tapi sayangnya saya gak punya cukup model buat difoto. Hehe (huhu…)

4 thoughts on “30DPC – Day 3: Dynamic Tension

  1. ow gtuu penjelasannya… apa foto sya yg di kfbi yg suasana pasar bisa dkategorikan Dynamic Tension juga Nis :D?

    1. Sepertinya bisa juga ya, Zal. PoI-nya tersebar ke pinggiran frame kan? Idealnya sih ‘moving outward’, ada pusatnya tapi kita tertarik untuk liat ke sebarannya.

      1. hmm sepertinya tersebar tapi kyaknya ga ad centernya sih😀, jadi pengen nyoba foto2 gaya ini… makasih ilmu barunya Nis🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s