Uncategorized

I’m A Cat Person *purr…* : Si Mbok

Saya selalu suka kucing. Tapi dulu gak pernah berani deket². Geli dan takut dicakar. Waktu SD pernah diam² memasukkan anak kucing ke kamar, yang akhirnya ketauan ibu dan harus dibuang. Sejak itu, gak pernah lagi kepikiran buat pelihara kucing.

image
Si Mbok

Sampai… Si Mbok dihibahkan begitu saja di teras rumah suatu malam, bersama lima anaknya yang baru lahir. Melihat bayi² kucing membuat saya jadi sayang. Lalu, jadilah saya jatuh cinta sebenarnya. Anak² Si Mbok tidak ada yang survive, tapi induknya pelan² jadi bagian dari rumah kami. Dia selalu duduk di teras, kadang menunggu saya membuka pintu untuk menyusup ke dalam dan tidur di dekat kipas angin. Si Mbok manja dan jinak. Tidak pernah menggeram, mencakar, apalagi menggigit. Bahkan waktu saya mandikan dengan paksaan pakai shampoo anti kutu. Dia cuma berusaha kabur tapi tidak menyerang. Luka menganganya saya obati dan balut.

Sekarang dia sedang hamil lagi. Entah siapa pasangannya. Di kompleks ini ada tiga kucing jantan dengan temperamen berbeda.
Pertama, kucing yang perawakannya mirip American Shorthair. Tulangnya besar, gagah, warna bulunya putih abu², dan sangat lembut. Dia suka mendekati Si Mbok tapi tidak pernah memaksa. Tidak pernah mengeong keras meskipun di’tampar’ Si Mbok.
Kedua, kucing kampung yang mukanya sangar. Badannya tinggi kurus, bulunya abu². Kasar, suka langsung menggigit tengkuk Si Mbok dan mengejarnya kemana². Suaranya keras dan suka menggeram.
Ketiga, kucing takhayul warna hitam full. Ekornya pendek dan suka mengajak Si Mbok naik genteng.
Ketiganya potensial mengawini Si Mbok.

Kami merasa Si Mbok dulunya kucing rumah yang kemudian entah bagaimana berakhir di jalanan. Soalnya dia jinak banget. Hidupnya keras. Berkali² hamil dan melahirkan tanpa pendampingan si jantan atau manusia. Kami senang bisa menyediakan makan dan minum teratur untuk kehamilannya yang sekarang. Lukanya mulai sembuh. Mudah²an anak²nya yang sekarang lahir sehat dan Si Mbok mau membesarkan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s