bahasa Indonesia · journal · motherhood

Diary MisDut : enam minus satu

image

Setelah bertingkah aneh dan super manja sejak kemarin, Misty akhirnya melahirkan subuh tadi. Alhamdulillah. Tapi satu mati karena kami terlambat menolong😦 Misty memilih kolong lemari yang sulit dijangkau dan tersembunyi. Waktu subuh saya bangun, di depan pintu sudah ada tetesan darah. Pas dilihat di belakang lemari, sudah keluar anaknya satu tapi masih terbungkus selaput ketuban. Misty belum tahu cara merobeknya, dan mungkin sudah agak lama disana jadi sudah kehabisan oksigen bayinya 😭 Saya buru2 memindahkan Misty ke ruang tengah, dan alhamdulillah lima lahir selamat. Saya bantu merobek kantung ketubannya dan memotong tali plasenta. Misty sendiri sudah pintar membersihkan anak2nya. Insting ibu🙂

Bayinya lucu2 sekali. Adorable 😍. Empat dominan hitam, satu belang2 seperti sapi. Belum kelihatan apa nanti ada yang ikut warna bulunya Chiko. Si papa sementara ini dikandangin dulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Ini pertama kalinya saya membantu proses persalinan kucing. Alhamdulillah Misty sudah hafal bau saya dan kami dekat, jadi dia percaya saya untuk ada disana waktu anak2nya lahir. Jarak lahir dari satu kitten ke kitten berikutnya sekitar 5-10 menit. Rutinitas pagi di rumah jadi kacau 😁 Suami saya sampai telat berangkat kerja gara2 saya jadi bidan dadakan.

Bayi2 kucing punya plasenta sendiri2 dan terbungkus di kantung ketuban masing2. Waktu mereka keluar, masih di dalam kantong yang berisi air. Induk kucing kawakan macam SiMbok sudah tidak perlu ditolong lagi saat persalinan. Dia bisa merobek selaput, memakan plasenta, dan membersihkan anaknya sendiri. Tapi, kucing persimed indoor macam Misty yang umurnya masih tergolong remaja, masih perlu dibantu dan diajari. Termasuk proses pasca melahirkan.

Mudah2an semua kitten tumbuh sehat.
Saatnya cari nama…🙂

Leave a Reply

