movie · review

Yes or No (2010)

image

Kadang-kadang rasa penasaran memang bisa membunuh. Sedikitnya melukai – secara permanen. Tapi rasa itu juga yang mungkin akan menuntun kita pada takdir, semacam insting.

Saya juga sering penasaran, yang hari ini jadinya membuat saya menonton film drama Thailand ini. Awalnya sih cuma tau selewat, tapi karena kebetulan streaming lancar… ya ditonton sampai selesai. Ternyata filmnya bagusπŸ™‚

Pie dan Kim adalah roommate di asrama. Yang satu sangat feminin, yang satunya tomboy habis. Tapi, meskipun tomboy, Kim masih punya sisi perempuan. Karena dia bilang sendiri, dia bukan lesbian. Dia cuma perempuan yang nyaman berpenampilan seperti laki2 dan melakukan pekerjaan laki2. Kim takut kecoa, sepi, gelap, tapi pintar memasak dan sangat rapi. Pie cewek galak yang pemberani. Tell you what, Kim itu cakep banget. Hahaha. Pretty boy – kalau dia jadi laki2 tulen. Dia seperti tipe idol sekolahan tapi versi sensitif. Bukan berandalan. Karena dia perempuan, dia tau bagaimana cara memperlakukan perempuan – dan itu yang bikin Pie jatuh cinta.

Tentu saja film begini bakal dianggap tabu dan tidak direkomendasikan. Tapi – meskipun salah – saya bisa melihat manisnya sebuah hubungan di film ini dan ngerasa ngeri juga karena mungkin memprovokasi mereka yang “merasa” gay untuk semakin membenamkan diri di dalamnya dan menjadikan film ini semacam film wajib untuk “kelainan” mereka. Dear God, dunia ini sudah retak2. Perempuan jadi ganteng, laki2 jadi cantik. Dan saya tau beberapa dari mereka awalnya cuma penasaran. Cuma mencari cara aman untuk terlibat secara intim dengan seseorang. They’re not even gays from the first place. Saya mengerti kalau kecenderungan itu terjadi secara hormon, misalnya. Atau trauma psikologis yang sangat parah. Tapi kalau sekedar mengikuti trend atau ingin tau rasanya? What is wrong with you people?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s